KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Menu
Salam jumpa di KSU Baliem Arabica, Exportir Pertama Produk Tanah Papua dan Pemilik Waralaba PAPUAmart.com

Perkenalkan Kopi Autentik Papua, ‘Baliem Blue Coffee’

Aug
12
2016
by : admin. Posted in : Biz News

Darmin Rad Kwano, Barista Laki-Laki OAP Pertama

Darmin Rad Kwano, Barista Laki-Laki OAP Pertama

Suara.com – “Baliem Blue Coffee”, demikian kopi ini dinamai. Kopi ini bagi warga Kabupaten Jayawijaya memiliki nilai lebih. Karena kopi ini tak hanya merupakan hasil racikan barista asli Papua pertama, tapi juga hasil tanam petani setempat. Jadi, bisa dibilang ini kopi asli Jayawijaya.

Darmin Rad Kwano, Barista Papua pertama itu mengatakan, kopi berjenis arabica organik ini dihasilkan oleh petani tradisional Papua dan merupakan kopi berkualitas kedua dari Jamaika Blue Coffee.

“Kopi arabica baliem ini dalam satu tahun hanya sekali panen, sedangkan proses pengolahan agar siap saji membutuhkan enam bulan mengingat medan yang ditempuh sangat sulit,” katanya, Rabu (10/8/2016).

Menurut Darmin, dalam proses pengeringan kopi ini selalu dpantau kadar airnya sebelum dianggang (roast) dan digiling sendiri sampai ke tahapan siap dikonsumsi.

“Untuk petugas dari mulai petani hingga yang memproses kopi ini hingga menjadi siap saji, semuanya merupakan orang asli Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan sebelum berkecimpung dalam dunia usaha kopi ini, stafnya telah menjalani pelatihan di Jakarta Coffee House selama enam bulan.

“Dalam proses penanaman hingga panen, kesemuanya dilakukan di bawah naungan pihak Koperasi Baliem Arabica di mana telah menyiapkan pula sumber daya manusianya untuk menanam,” tambahnya.

Sekadar diketahui, kopi Wamena Papua ternyata memiliki karakteristik yang serupa dengan kopi Jamaika yang sangat terkenal di dunia, Blue Mountain. Kopi Wamena Papua bercita rasa buah dengan kombinasi pahit yang sedang dan body yang juga tidak berat. Jadi Anda para penggemar kopi, kenapa tak mencoba meluangkan waktu berjalan-jalan ke Papua mencicipi kopi asli Papua di tanah asalnya?

artikel lainnya Perkenalkan Kopi Autentik Papua, ‘Baliem Blue Coffee’

Thursday 21 May 2015 | Biz News

Sumber Berita: Sriwijayapost.com, Kamis, 21 Mei 2015 10:35 SRIPOKU.COM, JAKARTA – Kopi dari tanah Papua kian…

Thursday 24 January 2008 | Biz News

Pihak AMARTA melalui Aliansi Pengembangan Pertanian Papua (PADA) memberikan bantuan kepada Koperasi Baliem Arabica membuat sistem…

Sunday 25 September 2016 | Biz News

Disiarkan dalam siaran pers http://www.scaa.org/ bahwa akan digelar acara International Coffee Day (Hari Kopi Internasional) pada 1…

Wednesday 26 November 2014 | Biz News

Setelah utusan KSU Baliem Arabica untuk menghadiri Kongres yang diselenggarakan oleh IUCN, yaitu World Praks Congress…

Hours & Info

0857-6922-3000
Lunch: 11am - 2pm
Dinner: M-Th 5pm - 11pm, Fri-Sat:5pm - 1am

Organic Provider Registry

KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Jl. Thamrin No. 60, Kompleks Pasar Kayu, Potikelek, Wamena Kota 99511
085656235388
085656235388
085656235388
info@pas.coffee