KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Menu
Salam jumpa di KSU Baliem Arabica, Exportir Pertama Produk Tanah Papua dan Pemilik Waralaba PAPUAmart.com

KSU Baliem Arabica Membiaya Proyek Pemusnahan “Invasive Plants” di Danau Sentani

Aug
22
2014
by : admin. Posted in : Unit Lingkunan
Eceng Gondo

Pencabutan Eceng Gondok di Danau Sentani, Jayapura, Papua

KSU Baliem Arabica lewat Unit Tanggungjawab Lingkungan sejak tahun 2013 telah melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan

  • mengidentifikasi dan mengajarkan kepada Masyarakat Papua tentang tumbuhan exotic yang menjadi tumbuhan invasive di tanah Papua;
  • memelopori operasi pencabutan/ pemusnahan tanahan exotic yang bersifat invasive

Kegiatan penyuluhan dilakukan lewat produksi brosur, leaflet dan pamphlet yang semuanya berisi informasi tentang tumbuhan exotic atau tumbuhan asing dan tidak dikenal yang ada di Tanah Papua dan sekaligus tumbuhan dimaksud bersifat invasive, yaitu tumbuhan yang selanjutnya membunuh tumbuhan asli setempat lalu menguasai lahan asli.

Salah satu tumbuhan exotic yang invasive ialah “Eceng Gondok” di Danau Sentani.

Seperti dapat dilihat dari berbagai gambar yang kami telah lampirkan di Facebook.com, bahwa kegiatan pemusnahan di sejumlah bagian di Danau Sentani telah kami pandang berhasil. Tinggal selanjutnya masyarakat Adat setempat kami tinggalkan untuk terus melakukan pengawasan dan pembersihan.

Sejak tahun 2013 KSU Baliem Arabica telah membiayai kegiatan-kegiatan pencabutan dan pemusnahan Eceng Gondok.

Proyek ini juga didukung sepenuhnya oleh Wakli Bupati Kabupaten Jayapura, Bapak Robert Djonsoe.

Kami berharap selanjutnya teladan yang ditinggalkan KSU Baliem Arabica ini terus dipelihara oleh masyarakat penghuni Danau Sentani agar senantiasa melakukan pmbersihan terhadap Eceng Gondok sehingga tumbuhan exotic sekaligus invasive dimaksud kemudian tidak menutupi keseluruhan wajah/ permukaan dari Danau Sentani yang dalam sejarah bangsa Papua telah memberi makan dan menjamin kehidupan bagi semua orang Papua.

Hampir semua pembesar tanah Papua telah pernah menikmati ikan gabus dan ikan sembilan dan ikan lainnya dari Danau ini, dan telah memberikan gizi dan menjamin kesehatan kita semua. Oleh karena itu, dampak buruk dari kehadiran Eceng Gondok haruslah kita akhiri.

Caranya mudah saja, tinggal Anda mendukung Proyek Pencabutan Eceng Gondok dan pemeliharaan Danau Sentani.

Proyek ini dijalankan secara berkesinambungan oleh Unit Tanggungjawab Lingkungan KSU Baliem Arabica berkantor Pusat di Kalkote, Pinggir Danau Sentani, Jayapura.

Barangsiapa, semua orang Papua, dimanapun Anda berada, merasa bertanggungjawab, perduli ataupun hendak terlibat dalam proyek-proyek pembersihan atau mau memberikan dukungan doa, dana, atau apa saja, silahkan hubungi kami di info@baliemarabica.com atau gudang@baliemarabica.com

Tentu saja pelajaran dari pembersihan tumbuhan exotic yang invasive ini akan ditindak-lanjuti dengan kegiatan yang sama di tempat dan danau yang lain di seluruh Tanah Papua. Itu akan terjadi kalau Anda, semua orang Papua mendukung proyek ini.

 

artikel lainnya KSU Baliem Arabica Membiaya Proyek Pemusnahan “Invasive Plants” di Danau Sentani

Friday 12 September 2014 | Unit Lingkunan

Ucapan “Terima kasih” kami Koperasi Serba Usaha  Baliem Arabica sampaikan kepada Panitia Pelaksana dan Peserta Baliem…

Friday 14 November 2014 | Sales & Marketing, Unit Lingkunan

Demikian judul atau topik yang dicantumkan dalam jadwal presentasi di Hall 5 Sydney Olimpic Park, Australia…

Sunday 9 November 2014 | Unit Lingkunan

IUCN World Parks Congress 2014 merupakan sebuah “landmark” forum global dari taman yang terlindungi di dunia.…

Sunday 9 November 2014 | Unit Lingkunan

Sebagai bagian dari tanggungjawab lingkungan dari KSU Baliem Arabica, setelah meluncurkan proyek pembersihan Eceng Gondok sebagai…