KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Menu
Salam jumpa di KSU Baliem Arabica, Exportir Pertama Produk Tanah Papua dan Pemilik Waralaba PAPUAmart.com

PAPUA Coffees.com Kopi Papua

by : admin

PAPUA Coffees dot com ialah tempat KSU Baliem Arabica mempresentasikan profil Kopi Papua, kopi dari Tanah Papua, dari pulau New Guinea.

Dalam rencana jangka panjang PAPUACoffees.com akan menjadi pusat profil kopi dari pulau New Guinea, tetapi sementarea ini kami memaparkan kopi Papua, khususnya dari bagaian barat Pulau New Guinea sebagai pengantar dalam memperkenalkan Kopi Papua kepada para produsen, reseller, dan penikmat kopi penurut bahasa Indonesia/ bahasa Melayui di manapun Anda berada. Kami berharap kiranya informasi yang kami sajikan bermanfaat dan memberikan pencerahan terhadap kopi yang ada di Tanah Papua.

Profil Kopi Papua memang selama ini tidak disajikan secara lengkap dan menyeluruh. Oleh karena itu kami berupaya dengan segala keterbatasan dan kekurangan kami untuk memberikan informasi seperlunya.

Dalam jangka menengah dan jangka panjang “PAPUACoffees.com” akan hadir berbarengan dengan situs profil organisasi seperti PAS.coffee dan papuaspecialtycoffee.com sebagai organisasi yang mempromosikan dan memasarkan kopi Single Origins dari Tanah Papua.

PAPUACoffees.com menekankan prinsip “single origin” dari tanah Papua, sehingga situs ini tidak lama lagi akan menyajikan profil kopi seperti berikut:

  1. Papua New Guinea shares the island of New Guin...

    Papua New Guinea shares the island of New Guinea, world’s second largest, with two Indonesian provinces (Photo credit: Wikipedia)

    Wamena Single Origin,

  2. Deiyai Single Origin,
  3. Dogiyai Single Origin,
  4. Arfak Single Origin,
  5. Star Mountain Single Origin, dari wilayah Pegunungan Bintang di Provinsi Papua sekaligus wilayah Oktedi di Papua New Guinea.
  6. Goroka Coffee (Goroka Single Origin),
  7. Hagen Coffee (Hagen Single Origin),.
  8. Toli Single Origin (Kab. Tolikara),
  9. Yamo Single Origin (Kab. Puncak Jaya)
  10. Moanemani Single Origin, dll.

yang bertujuan memajukan kopi Papua yang rasa sekaligus berbeda citarasa antara satu dengan yang lainnya sehingga para penikmat kopi dapat merasakan betapa tanah ini kaya dengan citarasa yang berbeda antara satu wilayah ulayat dengan wilayah ulayat lainnya. Keragaman sosial-budaya dan kondisi geografis serta flora dan fauna membuktikan betapa tanah ini kaya dengan citarasa, yang kami perjuangkan untuk tetapi dipertahankan sehingga pada saat para penikmat kopi meminum Kopi Goroka, mereka akan mengenal citarasanya berbeda daripada Kopi Wamena misalnya.

Dalam jangka panjang akan kami upayakan sebuah komunitas Specialty Coffee Association of Papua (SCAP) yang akan bertanggungjawab untuk mengatur standar produksi Kopi dari Tanah Papua, promosi dan penjualannya secara tertata dan terorganisir.