KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Menu
Salam jumpa di KSU Baliem Arabica, Exportir Pertama Produk Tanah Papua dan Pemilik Waralaba PAPUAmart.com

Kopi Wamena, Kopi Ena

by : admin

 Wam Ena, Kopi Ena, Nggewo Ena, Pagi Ena, Tewe Ena = Babi Jinak, Kopi Jinak, Anjing Jinak, Tikus Jinak, Burung Jinak

Kopi Ena, Kopi Wamena

Logo Kopi Wamena, Kopi Ena

Kopi Ena ialah produk parallel dari Kopi Baliem Blue produk KSU Baliem Arabika dengan ciri khusus “murah-meriah” yang diproduksi secara khusus untuk konsumsi di dalam negeri.

Kopi Ena kami jual di www.kopiwamena.com untuk membedakannya dari produk Baliem Blue Coffee yang berorientasi sebagai kopi oleh-oleh, kopi yang diproduksi untuk kelas menengah ke atas. Dalam situs KopiWAMENA.com dijelaskan arti dari Kopi-Ena dan dijelaskan bahwa kata WAMENA sebenarnya terdiri dari dua kata, yaitu “wam” (babi) dan “ena” (peliharaan, piara, jinak).

Tujuan utama produk ini diarahkan untuk konsumsi di antara Masyarakat Papua dari Sorong sampai Samarai dan konsumsi masyarakat dari Sabang sampai Maroke.

Selain menekankan aspek “murah-meriah”, Kopi Ena atau Kopi Wam Ena tetap mempertahankan prinsip umum produk KSU Baliem Arabica, yaitu organik dan single origin. Dalam rangka mempertahankan prinsip “single origin” dimaksud, maka “Kopi Ena” ialah produk kopi murah-meriah diproduksi dari Wamena Single Origin. Kopi “murah-meriah” Single Origin lainnya akan diberi nama sesuai istilah umum menurut tradisi atau bahasa dari asal kopi masing-masing. Misalnya Kopi Single Origin dari Kabupaten Tolikara atau Wilayah Toli diberi nama “Tolibika” dan dari Kabupaten Lani Jaya atau Wilayah Tiom-Magi diberi nama “Lanibika”.

Kopi-kopi specialti ini sebagaian akan dijual secara “murah-meriah” di dalam negeri, tetapi sebagian akan diekspor ke mancanegara.

Ciri khas kopi yang “ena” dan kopi liar (nggwiya) akan diperhatikan sepanjang produksi. Semua kopi yang dikategorikan sebagai “kopi ena” akan diproses secara terpisah dan tersendiri dalam rangka memelihara mutu dan spesialti dari produk.

Sebagai bandingannya, akan diproduksi juga Kopi Liar (Kopi Nggwiya) dengan spesialti tesendiri yang akan dikhususkan secara terpisah untuk para “penikmat kopi” di manapun mereka berada: di Indonesia, di Tanah Papua atau di belahan Bumi manapun. Produksi Kopi Nggwiya akan dilakukan menyusul pengenalan Kopi Ena dalam rangka meingkatkan mutu produk dan mutu pelayanan kami untuk kepentingan “hidup yang sehat” dan “alam sekitar yang harmonis”.