KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Menu
Salam jumpa di KSU Baliem Arabica, Exportir Pertama Produk Tanah Papua dan Pemilik Waralaba PAPUAmart.com

Kepada Yth. Gubernur Papua, Lukas Enembe: Di Mana Hasil Disposisi Gubernur 2013 untuk KBA?

Mar
23
2016
by : admin. Posted in : Humas

Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica

Wamena 23 Maret 2016

Kepada Yth.
Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.I.P, M.H
Kantor Gubernur, Dok 2, Jayapura

Perihal: Di Mana Tindak Lanjut Lembar Disposisi Gubernur Provinsi Papua Untuk Koperasi Bailem Arabica yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perkebunan tertanggal 23 Mei 2013

Baru setelah Bapak Gubernur dilantik menjadi Gubernur Provinsi Papua, pertama-tama Gubernur Provinsi Papua berangkat ke Kampung Kopi Eragayam, dengan maksud agar didoakan oleh Pendiri dan Tokoh Gereja Injili Di Indonesia (GIDI), yang pada waktu itu juga ialah Petani Kopi dan Pembina KSU Baliem Arabica, Pdt. Ki’marek Karoba.

Pada saat itu Pdt. Ki’marek Karoba sudah katakan kepada anak-nya, yaitu Lukas Enembe seperti berikut:

Orang-orang yang duduk di sini, di bawah sini, adalah orang-orang yang memberikan suara, memberikan mandat untuk Pak Gubernur menjadi Gubernur. Mereka ini semua petani Kopi. Teman-teman yang duduk sama-sama di kursi terhormat, di samping sama-sama ini tidak semua teman, mereka kemarin jadi musuh, mereka besok juga nanti jadi musuh, karena mereka juga mau jadi gubernur, ganti anak, mereka juga mau jadi gubernur. Petani Kopi tidak, mereka kasih suara, mereka akan doakan. Jangan lupa petani Kopi.

Seraya mengucapkan kata-kata ini, sang petani kopi memberikan sebuah surat dalam Noken, yaitu ia sebut “Noken Suara Petani Kopi Papua“. Isinya merupakan Business Plan Pengembangan Kopi Papua.

Sebagai Tanggapan, pada tanggal 23 Maret 2013, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengeluarkan Lembaran Disposisi, ditujukan kepada Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua yang isinya sebagai berikut:

  • Usaha seperti ini perlu didukung oleh Pemda. Dipelajari proposal ini untuk dibina, secara masif dan berkelanjutan
  • Dimbimbing untuk mendapatkan kredit dari Bank Papua
  • Terimakasih

Lembar Disposisi Gubernur Provinsi Papua kepada Dinas Perkebunan Provinsi Papua

 

Menindaklanjuti Memo Gubernur ini, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua mengeluarkan Lembaran Disposisi, ditujukan kepada Kabid Usaha BUD yang berbunyi sbb:

Segera kunjungi Pak Selion (Ketua Koperasi) kita bahas dan ….. (tidak jelas tuilsannya) Kita buat untuk Bpk Gubernur.

Sekarang sudah tanggal 23 Maret 2016, dua bulan lagi Lembaran Disposisi Bapak Gubernur Provinsi Papua ini berusia genap 3 tahun. Dua tahun lagi Bapak Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe harus menghadapi Pilkada untuk pergantian pemimpin. Doa tinggal doa, mimpin tinggal mimpi, Disposisi Bapak Gubernur menjadi tidak ada arti apa-apa.

Bukan itu saja, sepanjang tahun 2015, KSU Baliem Arabica telah dipanggil berulang-kali oleh Asisten II Sekda Provinsi Papua, Dinas Percepatan Pembangunan dan utusan dari Jakarta yang membantu Pemda dalam Business Plan, dan Kami dilibatkan secara aktif, dari kebun kopi sampai ke kantor gubernur, memaparkan program, menyerahkan Business Plan.

Dalam banyak kasus, Asisten II Sekda Provinsi Papua selalu mengatakan, “Semua tentang Kopi kasih saja kepada KSU Baliem Arabica. Kamu perlu uang berapa?” dan sejenisnya. KSU Baliem Arabica diperlakukan seperti tamu istimewa dalam proses Business Plan.

Tetapi setelah proyek keluar pada tahun 2016 ini, malahan proyek dimaksud dibelokkan ke pihak-pihak yang tidak memenuhi syarat, tidak punya keahlian dan kompetensi, tidak punya pengalaman dan sertifikasi, tidak bukan anggota AEKI dan SCAI, bukan pengekspor Kopi Papua. Dengan alasan yang tidak jelas, proyek dimaksud dibelokkan ke kelompok dan kerabat yang tidak tahu-menahui dan tidak pernah terlibat dalam kegiatan bisnis Kopi.

Terus-terang, kami menilai bahwa ada upaya-upaya yang nyata-nyata bertindak dengan terbuka, untuk mewujudkan “Papua Mati!” sebagai lawan dari visi-misi “Papua Bangkit!”, “Papua Tergantung kepada Jakarta!” versus “Papua Mandiri!” dan “Papua Melarat!” melawan “Papua Sejahtera!”. Dua tahun lagi, impian “Papua Bangkit!” kelihatannya bagi kami Koperasi Baliem Arabica dan jaringan bisnisnya tidak nampak, kami juga tidak banyak terlibat dalam kesibukan pemerintah, maka kami tidak tahu persis apa indikasi “Papua Bangkit!”. Apakah kolum Cepos, Jubi dan media lokal Papua bertuliskan “PAPUA BANGKIT” itu sudah cukup? Apakah Papua Bangkit itu harus di kertas ataukah di lapangan?

Apa indikator utama Papua bangkit? Bukankah apa yang dilakukan Koperasi Baliem Arabica dengan membangun bisnis Kopi dari hilir sampai hulu merupakan bukti kebangkitan, kemandirian orang Papua? Bukankah gerakan seperti ini akan mensejahterakan orang Papua?

Kepala Dinas Provinsi Papua John Nahumury, Asisten II Sekda Papua Bidang Perekonomian Loupatty dan Kepala Dinas Perindagkop sudah berulang-kali disiarkan lewat media cetak, bahwa Kopi Papua digemari dunia dan sudah diekspor ke pasar Internasional. Mereka tidak menyebutkan “Siapa yang mengekspornya?” Mereka dengan sengaja tidak mau menyinggung keberhasilan Koperasi Baliem Arabica. Mereka mengangkat-angkat nama Kopi tanpa menyebut sekali saja siapa pengekspornya.

Bukankah ini permainan untuk “Papua Mati!” menentang “Papua Bangkit!”?

Apakah Bapak Gubernur melihat semua ini terjadi? Bukanlah ini terjadi di halaman rumah sendiri? Apa tindak-lanjut yang harus kita ambil bersama?

Kami tidak punya akses bertemu dengan Bapak Gubernur karena rumitnya protokoler dan birokrasi. Kami tidak punya waktu untuk terus parkir di Kantor-Kantor pemerintah, karena pekerjaan sehari-hari kami ialah berjualan, menunggu orang datang beli di kios dan toko kami, berkebun di kebun Kopi dan mengolah hasil kebun untuk dipasarkan.

Tetapi kami punya media ini, Internet. Tidak menjadi masalah, dibaca ataupun tidak, yang terpenting “Monggar Tanah Papua membacanya dan memahaminya, dan mereka akan bergerak untuk menyelamatkan satu-satunya pengekspor dari Tanah Papua ini, KSU Baliem Arabica, menyelamatnya satu-satunya Toko Online Tanah Papua ini, PAPUAmart.com, menyelamatkan satu-satunya minimarket Milik Orang Papua ini, PAPUAmart.com dan jaringan bisnisnya.”

Kami berdoa kepada Tuhan, dan berharap kepada Bapak Gubernur untuk memberikan telinga kepada kepentingan Petani Kopi Papua, yang sebagian besar adalah orang tuamu sendiri, sanak-keluargamu sendiri, suku-mu sendiri. Kami berdoa supaya visi-misi “Papua Bangkit!” benar-benar terwujud dalam kepemimpinan 5 tahun ini, karena kami tahu bahwa “Papua Mandiri!” dan “Papua Sejahtera!” tidak akan terwujud hanya dalam jangka waktu lima tahun, karena kami hanya manusia, dan karena kami hanya punya batas waktu 5 tahun untuk mewujudkannya, yaitu sesuatu yang mustahil.

Kalau Bapak Gubernur mau mendegarkan kami langsung, kami sertakan nomor kontak dan email kami, alamat fisik kami sekaligus sebagai berikut:

  1. Ketua KSU Baliem Arabica (KBA) Ev. Selion Karoba, S.Th. 082239272014,
  2. Kepala Unit Produksi Kopi Papua: Abolok Kano 082113646488
  3. Kepala Unit Sales & Marketing (Direktur PAPUAmart.com) Jhon Kwano 082210183000
  4. Atau email ke: info@baliemarabica.com, info@papua.coffee, info@papuacoffees.com, info@pas.coffee

Kalau Bapak Gubernur berkenan datang langsung dan lihat apa yang kami lakukan di lapangan, maka inilah alamat kami:

Toko Online PAPUAmart.com Pusat
Jl. Bedreg No. 39, RT/RW: 08/41, Sambilegi, Maguwoharjo, DEPOK 55282, Sleman YOGYAKARTA

SMS/WA: 082232393000; BBM: 58217887; Email: baliemarabica@gmail.com

Minimarket 1 PAPUAmart.com Tanah Papua
Jl. Raya Sentani – Abepura, Hawai, No. 05 Sentani Kota, Kabupaten Jayapura 99352, Provinsi Papua
Phone: +62(0)967-592677
Mobile/SMS: +62(0)822-2066-2277; +62(0)812-8610-1000; +62(0)82113646488
Email: papuamart@gmail.com; papuamart@yahoo.com

Minimarket 2 PAPUAmart.com Tanah Papua
Pertigaan Jalan Post 7, Sentani 99352, Kab. Jayapura, Provinsi Papua
Mobile/SMS: +62(0)822-2066-2277
Email: info@baliemarabica.com

PAPUAmart.com Jakarta 1
Jl. Muhammad Kahfi 1
Gg. Nila No. 75
Kel. Ciganjur
Kec. Jagakarsa 12630
Jakarta Selatan
SMS: 0857-7988-7518 (Mas Gito)

PAPUAmart.com Jakarta 2
Jl. Muhammad Kahfi 1.
Gang Ciremai, RT. 01/04 No. 7
Kel. Cipedak
Kec. Jagakarsa 12630
Jakarta Sekatan
SMS: 0822-1018-3000 (Mas John) – 087876083755

Online Links
Phone: +62(0)967-592677
Mobile/SMS: +62(0)822-2066-2277; +62(0)812-8610-1000; +62(0)82113646488
Email: papuamart@gmail.com; papuamart@yahoo.com
Website: http://www.papuamart.com/
Social Media Twitter/Facebook/Tumblr/G+/YouTube: @papuamart
Gudang Produksi Baliem Blue Coffee: 082239272014

 

Hormat kami,

 

Ev. Selion Karoba, S.Th.            Abolok Kano                                       Jhon Yonathan Kwano

Ketua Koperasi                                  Kepala Unit Produksi Kopi Papua       Direktur PAPUAmart.com

artikel lainnya Kepada Yth. Gubernur Papua, Lukas Enembe: Di Mana Hasil Disposisi Gubernur 2013 untuk KBA?

Saturday 21 February 2015 | Humas

(Gerakan Kebangkitan Papua Business Spirit) Acara Pelucuran REVOLUSI KOPI atau Gerakan Kebangkitan Papua Business Spirit tersebut…

Wednesday 24 December 2014 | Humas

              Dari seluruh Pengurus dan Anggota Koperasi Serba Usaha Baliem…

Sunday 5 June 2016 | Humas

Dari Kantor Pusat Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica Lembah Dingin Wamena, kami segenap pengurus dan anggota,…

Tuesday 15 March 2016 | Humas

Selasa, 15 Maret 2016 05:00 WIB, Pewarta: Alfian Rumagit Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perkebunan maupun…