KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Menu
Salam jumpa di KSU Baliem Arabica, Exportir Pertama Produk Tanah Papua dan Pemilik Waralaba PAPUAmart.com

Master Kopi Wamena:Ubertus Marian

Dec
13
2011
by : admin. Posted in : Kopi Papua

Pelopor petani kopi Wamena Kopi Wamena, dari biji hingga kemasan

Ubertus Marian, kulitnya sudah keriput, rambutnya sebagian sudah warna perak. Tapi, otot-ototnya masih terlihat kencang. Dia seorang petani kopi. Sejak memulai usaha pada 1980-an, kopi sudah membawanya melanglang buana.

Namanya Pusat Koperasi Peran Masyarakat Kurulu Alua-Marian. Pabrik tempat Ubertus bekerja ini terletak di Distrik Kurulu, setengah jam perjalanan dari kota Wamena. Lahannya menghampar sekitar 50 hektar di daerah yang sejuk dan rawan hujan.

Pabrik ini dibangun Ubertus atas bantuan dari pemerintah. Pemerintah memasok koperasi dengan mesin-mesin penggilingan. Sementara, untuk bibit, Ubertus kredit ke bank. Bibit kopi yang ditanam di sini merupakan jenis Arabika.

Saya kalau minum kopi ini, tidak bisa tidur,” Menurutnya, kopi Wamena punya kualitas unggul, baik dari citarasa maupun kadar keasamannya. Ia berani menjamin bahwa kopi hasil pabriknya tidak kalah dengan kopi manapun di seluruh Indonesia.

Ubertus sudah kenyang pengalaman. Pabrik yang dijalankannya sudah beroperasi dengan konsisten. Dalam setahun, ia bisa 5 sampai 10 kali panen, dengan kuota kopi rata-rata sepuluh ton per tahun. Namun, untuk distribusi ia baru berani di seputar Wamena saja. “Terlalu besar biayanya,”.

Bertani kopi ini bukan berarti tanpa kendala. Ubertus mengaku, bahwa selain iklim yang tak menentu, ia juga merasa berat dengan harga bahan bakar mesin yang tinggi. Dan, ini belum termasuk biaya perawatan.

Pun begitu, Ubertus pantang menyerah. Ia mencintai kopi dan berkeras menjalankan usahanya sebagai petani kopi. Kegigihan ini lah yang lantas membuahkan hasil. Di usia tuanya, Ubertus sudah malang-melintang di berbagai tempat di Indonesia. Ia bertemu banyak petani kopi di daerah lain, bertukar pikiran, dan berserikat. Dengan bangga ia berkata, “Saya bisa hidup dan jalan-jalan dari kopi.”

Oleh : Dahlan Iskan
Sumber : detik
Posted on [16:24:50 13/12/2011] by admin di http://kpbn.co.id

 

Catatan dari KSU Baliem Arabica:

Bapak Ubertus Marian, Anton Kurisi, Maximus Lani, Alpius Elopere dengan Ketua Filipus Huby dibantu oleh pemerintah Provinsi Era Barnabas Suebu dengan fasilitas serba-canggih dan serba-lengkap, tetapi kegiatannya berhenti total. Sebagian dari mereka telah bergabung ke KSU Arabica, meninggalkan KOPERMAS buatan pemerintah provinsi Papua waktu itu.

Kami berdoa kiranya pengalaman ini tidka terulang  kembali di masa mendatang.

artikel lainnya Master Kopi Wamena:Ubertus Marian

Monday 4 April 2016 | Kopi Papua

Jayapura, Jubi – Koperasi Serba Usaha (KSU) Baliem Arabica sebagai exportir tunggal kopi dari Tanah Papua…

Tuesday 12 July 2011 | Kopi Papua

Selasa, 12 Juli 2011 , 04:20:00, CenderawasihPos WAMENA-Kabupaten Jayawijaya memiliki banyak potensi sumber daya alam (SDA),…

Sunday 5 June 2011 | Kopi Papua

TEMPO.CO, Jayapura – Koperasi Serba Usaha (KSU) Baliem Arabica Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada akhir…

Tuesday 4 September 2007 | Kopi Papua

Jayawijaya: yang Tercecer dari Penutupan Turkamp Gubernur di Kurulu Jayawijaya (bagian-2/habis) Selain meninjau stasiun pangan darurat…

Hours & Info

0857-6922-3000
Lunch: 11am - 2pm
Dinner: M-Th 5pm - 11pm, Fri-Sat:5pm - 1am

Organic Provider Registry

KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Jl. Thamrin No. 60, Kompleks Pasar Kayu, Potikelek, Wamena Kota 99511
085656235388
085656235388
085656235388
info@pas.coffee