KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Menu
Salam jumpa di KSU Baliem Arabica, Exportir Pertama Produk Tanah Papua dan Pemilik Waralaba PAPUAmart.com

Sambutan Ketua Koperasi pada Acara Lounching Website

Jan
01
2010
by : . Posted in : Speech

Salam damai dan sukacita menuju Kemandirian Ekonomi Papua Thn 2010.

Selayaknya bagi segala makhluk alam semesta dapat mensyukuri atas segala kekayaan dan kasih karunia yang dilimpahkan Sang Khalik, maka pada kesempatan ini para petani kopi pegunungan tengah Papua yang dipercayakan-Nya sebagai pengelola kopi Arabica mengucap syukur kepada Tuhan, atas terbangunnya website milik petani kopi yang pertama di Papua dan yang pertama dibangun oleh tangan petani dari dalam honai. Artinya anda dapat mengunjungi perkebunan kopi di wilayah pegunungan tengah Papua dalam jangka waktu singkat, bahkan anda dapat berkomunikasi dan mengenal para petani secara langsung dan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya ke Baliem. Websaite ini menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan perkebunan kopi arabika ramah lingkungan mulai dari pembudidayaan, proses paska panen, transaksi pembelian, titik pembelian, proses pengolahan hingga penyediaan biji kopi hijau mutu eksport dan pemasaran kopi bubuk serta penyediaan akses pembelian melalui fasilitas internet untuk mempermudah para konsumen. Maka informasi yang anda peroleh melalui website http//www.baliembluecoffee.com bersumber langsung dari petani, terkini, komplit, terpercaya, sederhana, unik dan menarik.

Perlu kami sampaikan bahwa, website milik petani kopi baliem yang dikelola oleh Koperasi Baliem Arabica ini diberi nama “baliem blue coffee” atau dalam bahasa adat suku Lani disebut “mbalim minuk anggen” atau arti secara leterlet yaitu “biji dari tanah biru baliem”. Kemudian Koperasi menggunakan nama tersebut sebagai Merek Dagang (Trade Mark) Kopi Baliem di pasaran. Koperasi menggunakan nama Website Trade Mark tersebut agar lebih nampak unsure komersialnya, karena Koperasi masih punya Website yang beda dan agak spesial dengan nama www.papuanspecialtycoffees.com karena website ini lebih focus dan menjunjung tinggi unsure spesialnya khusus yang berhubungan dengan jaringan bisnis atau penyediaan pasaran, sementara http//www.baliembluecoffee.com menajikan informasi secara universal yaitu mulai dari pembudidayaan, prosesing dan personil hingga pemasaran. Dengan demikian, website ini dibangun dengan latarbelakang mata hari terbit dengan awan cerah yang mengundang ribuan burung mencari tempat bernaung, sinar mataharinya menembus Honai Adat dan menyinari perkebunan kopi di tengah pepohonan yang artinya bahwa Kopi Arabica Baliem benar-benar “Organik”. Dan symbol dari semuanya telah terpampang kepala suku adat koteka dengan atribut lengkap sebagai symbol bahwa Koperasi Baliem Arabica bekerja sama dengan petani kopi memproduksi biji kopi benar-benar yang asli atau organic standar Internasional.

Lewat media ini, kami sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten se-pegunungan tengah Papua, atas dukungan dan kerjasamanya sehingga Koperasi Baliem Arabica (KBA) sebagai pengelola website ini telah mendapat pengakuan secara hukum sesuai peraturan yang berlaku di NKRI. Dan juga kepada LSM yang mendukung program KBA yaitu memperkenalkan kopi Arabica sebagai “Produk Unggulan Pegunungan Tengah Papua” baik di pasaran local, nasional dan internasional sehingga KBA mendapatkan Sertifikat organic standar internasional. Berkaitan dengan itu, penghargaan yang special disampaikan kepada Pimpinan beserta staf USAID-DAI/AMARTA dan PADA atas dukungan dan fasilitas sehingga KBA dibentuk dengan tujuan “menolong para petani kopi” di pedalaman Papua demi mendukung visi Gubernur Provinsi Papua yaitu program pembangunan“menuju Papua Baru dimulai dari Kampung menuju kota guna memberdayakan orang Papua menjadi tuan di negeri sendiri”. Selanjutnya kata KK Bas: “Saya melihat ada matahari terbit dari ufuk paling timur Indonesia, nan jauh disana,…” dan seterusnya. Semoga harapan itu dapat terwujud karena website ini dibangun dengan latarbelakang “matahari terbit”.

Website ini merupakan hasil karya terbaik dari seorang anak bangsa Pegunungan Tengah Papua yang lahir dalam kesederhanaan, ditengah keterbelakangan dan kemiskinan serta ketelanjangan. Website ini juga memiliki nilai plus dalam deretan pendiri website Anak Negeri di Provinsi Papua, karena website ini merupakan kontribusi glo-cal atau perpaduan kebutuhan informasi global ke local dan sebaliknya dengan tujuan mendukung pengembangan program “pemberdayaan ekonomi kerakyatan”, dan dirancang untuk menyediakan informasi yang mudah terjangkau dari dunia bisnis kopi bagi konsumen atau pemodal yang bertekad untuk ber-investasi sesuai amanat rakyat berdasarkan UU Otsus Papua.

Website ini menawarkan sebuah solusi bagi kebutuhan “Kopimaniak” pada umumnya yang relevan, ditampilkan dalam bahasa yang sederhana dan dihimpun beritanya yang unik dari 689 lebih sumber petani local yang bersertifikat organic standar mutu Internasional. Website ini akan menjadi primadona PELAKU BISNIS KOPI karena merupakan satu-satunya situsweb bisbis kopi spesial di Papua karya terbaik anak bangsa berlatarbelakang petani kopi yang jeli dan berkemampuan memprediksi masa depan petani, serta memberikan solusi cerdas untuk mengantisipasi multi krisis, sekaligus upaya membangun spirit para petani agar dapat menikmati hidup sebagai tuan di negeri sendiri. Dan website ini juga membuka sebuah rahasia perjalanan bisnis dari perkampungan kecil (honai) menuju dunia internasional (moderen) dalam rangka membangkitkan kemampuan daya saing bagi petani kopi.

Akhirnya, kami atas nama seluruh petani kopi di pegunungan tenga menyampaikan: SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI http//www.baliembluecoffee.com dan www.papuanspecialtycoffees.com, bila anda ingin tahu informasi selengkapnya, silahkan anda klik di bagian link yang tersedia. Kunjungan anda merupakan penghargaan yang mulia bagi kami dan bila anda mempunya pesan, saran atau pendapat dan masukan, kirimkanlah e-mail anda ke alamat redaksi kami, info@baliembluecoffee.com .

Waasalam,
Mbalim-Papua, 01 Januari 2010
An. Petani Kopi Baliem

Selion Karoba
Ketua

Sambutan Ketua Koperasi pada Acara Lounching Website was originally published on KSU Baliem Arabica

artikel lainnya Sambutan Ketua Koperasi pada Acara Lounching Website

Sunday 30 September 2012 | Speech

Koperasi Serbausaha Baliem Arabica menghadiri program Sertifikasi yang diselenggarakan oleh badan pelayanan jasa berbasis di Belanda,…

Sunday 30 September 2012 | Speech

Koperasi Serbausaha Baliem Arabica menghadiri program Sertifikasi yang diselenggarakan oleh badan pelayanan jasa berbasis di Belanda,…

Sunday 30 September 2012 | Speech

Koperasi Serbausaha Baliem Arabica menghadiri program Sertifikasi yang diselenggarakan oleh badan pelayanan jasa berbasis di Belanda,…

Sunday 30 September 2012 | Speech

Koperasi Serbausaha Baliem Arabica menghadiri program Sertifikasi yang diselenggarakan oleh badan pelayanan jasa berbasis di Belanda,…

Hours & Info

0857-6922-3000
Lunch: 11am - 2pm
Dinner: M-Th 5pm - 11pm, Fri-Sat:5pm - 1am

Organic Provider Registry

KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Jl. Thamrin No. 60, Kompleks Pasar Kayu, Potikelek, Wamena Kota 99511
085656235388
085656235388
085656235388
info@pas.coffee