KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Menu
Salam jumpa di KSU Baliem Arabica, Exportir Pertama Produk Tanah Papua dan Pemilik Waralaba PAPUAmart.com

Kegiatan Tahun 2010

Tahun 2010 merupakan tahun memasuki konsolidasi lebih jauh(pematangan) setelah ekspor perdana dan berbagai pelatihan, pengadaan peralatan kantor, peralatan pengolahan kopi dan pelatihan-pelatihan bagi petani kopi maupun karyawan atau pengurus koperasi.

Perlu disebutkan bahwa tahun ini Koperasi berupaya melakukan kegiatan bisnisnya dengan biaya sendiri (terutama dana dari penjualan ke luar negeri), antara lain untuk membeli kopi, membayar pengangkutan, membiayai pegawai sampai kepada menutup kembali pinjaman dari PT Freeport Indonesia. Walaupun Koperasi telah berupaya seoptimal mungkin, pembayaran kembali pinjaman dari PT Freeport masih belum terlunasi untuk bulan Oktober, November dan Desember 2010 dikarenakan pemasukan yang belum memadai dari  penjualan kopi ke PT Pangansari Utama.

Kegiatan-kegiatan pada tahun ini secara garis besar terdiri dari  (1) konsolidasi organisasi di tingkat petani, (2) pengadaan peralatan dan (3) peningkatan keterampilan serta pengetahuan petani tentang usahatani kopi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu produk dan jumlah produksi kopi. Kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan para anggota.

Selain dari kegiatan di tingkat petani, koperasi juga mengambil kebijakan-kebijakan jangka pendek dan taktis untuk merintis kegiatan-kegiatan yang dapat membantu bisnis Koperasi seperti misalnya mengupayakan izin produksi dan hak paten merek dagang dan pengembangan teori pengembangan ekonomi kerakyatan ala Papua.

Pada tahun ini juga koperasi membeli peralatan-peralatan yang diperlukan untuk usaha dan membeli kopi dari petani dengan keuntungan hasil usaha sendiri.

Sementara itu, untuk meningkatkan pendapatan atau hasil usaha yang memadai Koperasi telah memikirkan untuk merintis pasar di dalam negeri namun belum berhasil. Oleh karena itu akan diupayakan pada tahun berikutnya. Diharapkan dengan perintisan pasar domestik maka akan tercipta lapangan kerja baru dan terjadi peningkatan pendapatan petani dan anggota Koperasi.

Berikut sejumlah kegiatan penting yang dapat kami catat dan laporkan:

01 Januari 2010 – Launcing Website Koperasi Baliem Arabica.

Website yang diluncurkan ialah:

  1. Situs KSU Baliem Arbaica: http://baliembluecoffee.com
  2. Blog Baliem Arabica: http://baliemarabica.co.cc atau http://blog.baliembluecoffee.com atau http://baliemarabica.wordpress.com
  3. Jejaring Sosial: http://facebook.com/bbcoffee, http://twitter.com/bbcoffee
  4. Blog Interactive:  http://arabica.posterous.com, http://baliemarabica.posterous.com
  5. Toko Online KSU Baliem Arabica:  http://papuaproducts.com
  6. Informasi tentang Specialty Coffee Association of Papua: http://papuanspecialtycoffees.com yang berisi kelebihan dan keunikan citarasa BBCoffee yang dijelaskan secara panjang-lebar oleh seorang ahli kopi (Q-grader) dengan blognya http://papuanspecialtycoffee.wordpress.com

Masing-masing situs website memiliki manfaat sendiri-sendiri. Jaringan-jaringan blog-blog ini telah disebarkan ke berbagai jaringan seperti Yahoo.com dan Google.com, dengan alamat blog seperti http://baliemarabica.blogspot.com

Bersamaan dengan itu telah dibuat alamat-alamat email seperti berikut:

  1. Alamat Kontak Kantor Pusat: office@baliembluecoffee.com dan baliemarabica@gmail.com
  2. Gudang Kopi Numbay: numbay@baliembluecoffee.com
  3. Bendahara Koperasi: wamena@baliembluecoffee.com

Tanggal 25 Januari 2010 – Kegiatan Finishing di Gudang Kampung Harapan Sentani.

Kegiatan yang dilakukan di Gudang Penyimpanan Kopi antara lain:

–          Mengatur dan menimpan kopi secara terarut dan menghitung jumlah karung serta berat (dalam kg.) yang kemudian dibuat laporan secara tertulis dan disampaikan lewat email.

–          Proses standarisasi kadar air semua kopi yang masuk gudang.

–          Sablon karung dan packing

–          Memesan container

–          Mengurus surat-surat atau dokumen untuk export

Tanggal 5 Februari 2010 – KBA Mencatat sejarah dengan Export perdana ke USA dan Kesan Pesan

Puji dan syukur bagi Tuhan. Pada hari dan tanggal bersejarah bagi Tanah Papua ini kembali terukir peristiwa bersejarah bahwa Kopi dari Pegunungan Tengah Papua berhasil diekspor ke negeri Paman Sam sebanyak 12 ton biji kopi hijau.

Setelah selesai mengirim Kopi untuk diekspor tiga orang Pengurus Koperasi duduk di Café salah satu Hotel di Numbay. Salah seorang dari mereka mengatakan, “Hari ini adalah hari dan tanggal bersejarah bagi Tanah Papua, seluruh Papua hari ini diliburkan. Inilah hari orang kulit putih pertama kali menginjakkan kakina ke Tanah Papua, membawa Kabar Baik dari Eropa,” bersamaan dengan itu “Hari ini juga Kabar Gembira dari Gunung telah tersiar, sudah terkirim hasil produk Tanah ini ke negeri Paman Sam sebagai simbol hasil Kabar Baik yang telah dibawa ke tanah ini.”

01 Maret 2010 – Pembentukan “Unit Pelayanan Hak Paten dan Hak Intelektual”

Untuk pengurusan hak paten dan izin produksi diperlukan kebijakan dari pimpinan Koperasi maka telah dibentuk sebuah Unit Koperasi yang dalam waktu terbatas (3 tahun) membantu koperasi dalam bidang hukum, yaitu untuk mengupayakan Hak Paten dan Hak Intelektual dari merek Kopi Arabica produksi KSU Baliem Arabica dengan nama merek dagang (Trademark) “BBCoffee” (“bbcoffee” dibaca ‘bibikofi’).

Tanggal 14 April 2010 – Menghadiri Pameran Kopi di Amerika Serikat

Berdasarkan undangan dari SCAA, maka SCAI melanjutkan undangan resmi kepada Koperasi untuk turut hadir dalam Pameran Kopi di kota Anaheim, California, USA. Berdasrkan undangan tersebut, Koperasi mengajukan permohonan ke Pemerintah dan akhirnya pihak KBA dibiayai oleh Dinas Perkebunan dan Perikanan Provinsi Papua. Ikut dalam rombongan ini ialah Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Jayawijaya dan Kasubid Perdagangan Kabupaten Jayawijaya.

Tanggal 7 Mei 2010 – KBA meresmikan Kantor Baru di Wamena.

Bangunan Kantor KBA baru ini berukuran 8 x 12 meter dengan fasilitas packing, kantor, ruang rapat dan tempat sortir di bagian atas. Gedung ini dapat dibangun atas dukungan AMARTA dan Dinas Perkebunan dan Perikanan Provinsi Papua.

Ascara peresmian Kantor tersebut dihadiri oleh (1) 800 anggota Koperasi dari berbagai daearh se Pegunungan Tengah (tidak termasuk anak-anak); (2) Utusan yang mewakili USAID S.K. Ready; 93) Kepala DAI-AMARTA, Mr. Bill; dan (4) Koordinator PADA Mr. Kornel.

Tanggal 15 Mei 2010 – Oktober 2010 Mulai Pembelian Kopi dan Proses

Setiap satu tahun ada dua musim pemetikan, jadi bulan Mei-Setemper merupakan masa pemetikan terbesar. Karena itu Koperasi mengerahkan para anggota untuk melakukan pemetikan, dan selanjutnya Koperasi membeli langsung ke petani kopi, lalu diangkut ke penyimpanan di Wamena, untuk selanjutnya diproses sebelum dikirim ke Gudang Numbay.

3 September 2010 – KBA Kedatangan Tamu kehormatan dari Kedutaan Besar Singapore di Jakarta.

Dubes Singapore dan salah seorang attache mengunjungi kantor KSU Baliem Arabica dan menikmati kopi hasil karya petani Kopi Papua.

Kesan pesannya, “Saya sudah rasakan banyak jenis kopi di dunia dan di Indonesia, termasuk kopi ternama di Indonesia. Kopi Baliem Arabica rasanya sempurna.” Menanggapi kesan ini, Bupati Jayawijaya menyatakan tahun 2011 sebagai tahun Gerakan Masyarakat Tanam Kopi (Germas). Kedubes Singapore juga menjanjikan untuk mencari pasar BBCoffee di Singapore. Katanya, “Saya datang di sini bukan untuk dengar laporan-laporan tentang yang sudah-sudah, bukan dari pemerintah, tetapi dari masyarakat sendiri, dan mau lihat sendiri apa yang sedang terjadi saat ini. Dan itu yang saya lihat dalam BBCoffee ini.”

11 September 2010 – Rapat Luarbiasa Anggota Koperasi

Rapat Luarbiasa Anggota Koeprasi dihadiri oleh 120 Anggota[1] dari 6 Kabupaten, dilangsungkan di Kantor Pusat Koperasi Wamena dihadiri oleh seluruh Anggota Koperasi.[2] Adapun hasil keputusan yang diambil ialah: (1) Menerima Laporan Ketua Koperasi; (2) Menyetujui dan menyambut Rencana Kerja Koperasi; (3) Tidak melakukan perubahan Anggaran Dasar sampai Rapat Tahunan tahun 2011; (4) Menyetujui Pemberhentian dan Pengangkatan Pengurus Koperasi yang baru; (5) Pengurus Koperasi Baliem Arabica menindak lanjuti dan meneruskan saran-saran dan usulan dari para Perwakilan petani kopi kepada Pihak-Pihak yang terkait; (6) Menyerahkan sepenuhnya kepada Pengurus Koperasi dalam penentuan harga kopi sesuai perkembangan harga pasar kopi dunia; (7) Menyerahkan sepenuhnya kepada Pengurus Koperasi dalam hal pendistribusian Barang Kios/Toko sebagai pusat pembelanjaan petani kopi di beberapa titik; (8) Rapat Anggota selanjutnya dilaksanakan pada bulan April 2011.

Rapat ini juga memberikan berbagai rekomendasi setelah melakukan evaluasi-evaluasi kegiatan dalam rapat-rapat komisi.

Tanggal 30 November 2010 – Pengiriman kopi terakhir dari Wamena ke Gudang Finishing Jayapura.

Kopi yang dikirim sebanyak 17 karung, dengan berat 1 ton, kemudian diangkut ke gudang untuk diproses sebelum dikirim ke Pelabuhan Makassar untuk ekspor.

Tanggal 1-4 Desember 2010 – KBA ikut dalam kegiatan Rapat Tahunan Penutupan Buku bersama AMARTA-PADA di Timika

Rapat dengan Pak Arief Latif juga dilakukan atas kerjasama dengan PADA di Timika. Dalam pertemuan ini telah diselesaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Administrasi KBA yang dilanjutkan dengan program kerja tahun 2011.

Dalam pembicaraan ini sejumlah saran dan kesan dari KBA diterima dengan baik dan kemudian dijakian sebagai bahan pertimbangan untuk kerjasama lanjutan.

Tanggal 6 – 11 Desember 2010 – Persiapan finishing di Gudang Kampuang Harapan untuk expor biji kopi hijau ke-2 ke pasar USA.

Pada kesempatan ini juga telah dibeli sebuah mesin telepon dan sebuah mesin penggiling kopi untuk kepentingan Gundang Kampung Harapan.

Tanggal 10 Desember 2010 – Kegiatan Finishing di Gudang Kampung Harapan Sentani.

Kegiatan yang dilakukan di Gudang Penyimpanan Kopi antara lain:

–          Mengatur dan menimpan kopi secara terarut dan menghitung jumlah karung serta berat (dalam kg.) yang kemudian dibuat laporan secara tertulis dan disampaikan lewat email.

–          Proses standarisasi kadar air semua kopi yang masuk gudang.

–          Sablon karung dan packing

–          Memesan container

–          Mengurus surat-surat atau dokumen untuk export


[1] Jumlah 120 orang ini merupakan para pimpinan dan pengurus dari setiap kelompok yang ada di 6 Kabupaten.

[2] Lihat Laporan serta Keputusan Rapat yang dilaporkan secara terpisah.

2010 was originally published on KSU Baliem Arabica

Hours & Info

0857-6922-3000
Lunch: 11am - 2pm
Dinner: M-Th 5pm - 11pm, Fri-Sat:5pm - 1am

Organic Provider Registry

KSU Baliem Arabica

Kenggi Abolok, Kambel Abolok

Jl. Thamrin No. 60, Kompleks Pasar Kayu, Potikelek, Wamena Kota 99511
085656235388
085656235388
085656235388
info@pas.coffee